Jumat, 15 Mei 2015

Cara Mengatasi Pesan Error NTLDR Is Missing pada Windows XP


Windows XP gagal booting, dan sebagai gantinya muncul salah satu pesan error dibawah ini :
  • NTLDR is missing Press any key to restart
  • NTLDR is missing Press Ctrl Alt Del to restart
  • Boot : Couldn't find NTLDR Please insert another disk
Salah satu pesan diatas, muncul segera setelah komputer On dan setelah proses POST (Power On Self Test) selesai, dan Windows XP belum sempat loading.

Error NTLDR is missing hanya terjadi pada Windows XP, sebab pada Vista, Windows 7, dan Windows 8 tidak lagi menggunakan NTLDR melainkan menggunakan Bootmgr. Jika anda menggunakan Windows 7 silahkan baca artikel Memperbaiki Error Bootmgr
ntldr is missing
Pesan error NTLDR is missing

Penyebab Error NTLDR Is Missing

Ada beberapa hal yang bisa memicu munculnya pesan error NTLDR Is Missing ini. Penyebab secara umum adalah :
  • Komputer mencoba booting dari harddisk atau Flash-drive, yang tidak dikonfigurasi secara benar sebagai First boot-drive.
  • PC berusaha booting dari Non-bootable drive, termasuk media optical-drive (CD/DVD).
  • File sistem yang rusak atau salah konfigurasi, pemasangan harddisk baru, upgrade OS, bad-sector dalam harddisk, kerusakan kabel IDE (kendor), dan BIOS yang outdate.

Cara Mengatasi Error NTLDR Is Missing

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi error NTLDR is missing, yaitu :
  1. Restart komputer, mungkin error ini hanya muncul secara "kebetulan" saja.
  2. Periksa dan keluarkan jika ada CD/DVD yang tertinggal di dalam ROM-drive, dan cabut jika ada External-drive (external HDD, USB Flash disk dll) yang terhubung ke komputer.
  3. Periksa setting harddisk dan drive lain di dalam BIOS, dan pastikan semua setting sudah benar. Jika tidak paham, maka pilihan setting "Auto" adalah cara paling aman dalam hal ini.
  4. Lakukan Cara MeRestore NTLDR dan NTDETECT.COM dari CD instalasi Windows XP bisa menjadi solusi yang baik. Baca artikel Cara MeRestore NTLDR dan NTDETECT.COM tsb.
  5. Lakukan perbaikan file boot.ini, karena bisa terjadi file ini rusak atau dikonfigurasi secara tidak benar.
  6. Tulis ulang atau perbaiki Boot Sector Windows XP atau Windows 7, sebab boot sector yang korup bisa menjadi penyebabnya.
  7. Perbaiki MBR Windows XP atau MBR Windows 7. Kerusakan MBR juga salah satu penyebab error.
  8. Lepas dan pasang kembali semua kabel data dan kabel power di dalam pc, ini akan menghindarkan dari kemungkinan kabel yg kendor. Kalau perlu ganti dengan kabel data (IDE/SATA) yang baru.
  9. Jika memasang (menambahkan) drive baru, mungkin BIOS belum support, pertimbangkan untuk update BIOS.
  10. Jika semua langkah diatas tidak menyelesaikan masalah, lakukan instalasi repair Windows XP. Ini akan mengganti semua file yang rusak atau korup. Program dan file pribadi tidak akan hilang.
  11. Jika repair instalasi tidak memberi hasil, lakukan clean instalasi Windows. Tentu setelah melakukan backup semua data penting. Clean instal akan menghapus data dalam harddisk. Cara ini pasti akan menyita waktu dan tenaga yang banyak.
  12. Masih juga tidak mengatasi masalah ? sudah saatnya untuk mengganti harddisk dengan yang baru.
  13. Tapi . . . sebentar . . ., ulangi lagi untuk melacak sumber error-nya. Baca artikel Diagram Melacak Sumber Error Saat Booting.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com